15 Mainan Edukasi Anak 1 Tahun untuk Asah Keterampilannya

Di umur 1 tahun ini, sang Kecil tentu lagi aktif- aktifnya bermain. Nah, Bunda butuh menyalurkan tenaga sang Kecil ke arah yang lebih positif, salah satunya dengan membagikan mainan bimbingan cocok umurnya. Kemudian, apa saja saran mainan bimbingan anak 1 tahun ke atas?

Ikuti ulasannya berikut ini, ayo Bu!

Apa Khasiat dari Mainan Bimbingan?

Anak 1 tahun kesayangan Bunda dikala ini lagi asyik- asyiknya mengulik mainan buat mencari ikatan karena akibat. Misalnya, membunyikan mainan yang menciptakan suara fauna kala dipencet, mobil mainan yang berjalan sendiri kala tombolnya ditekan, ataupun bermain perlengkapan musik yang menghasilkan nada.

Tidak heran memanglah, sebab bersamaan dengan rasa mau ketahui yang meningkat besar, sang Kecil pula terus menjadi aktif bergerak buat mengeksplorasi area serta barang di sekitarnya.

Itu mengapa, membagikan mainan bimbingan sangat berarti untuk pertumbuhan anak pada umur 1 tahun. Dengan bermain, anak pula sekalian mengasah seluruh keahlian yang baru dia miliki. Mulai dari keahlian motorik, keahlian kognitif, keahlian sosial serta emosional, hingga keahlian bahasa serta bicaranya.

Saran Mainan Bimbingan Anak 1 Tahun

Biar waktu bermain sang Kecil di rumah terus menjadi seru, tidak terdapat salahnya buat menaikkan koleksi mainannya.

Sebisa bisa jadi, pilihkan mainan yang dapat melatih keahlian motorik serta sensorik anak di umurnya yang ke- 1 tahun ini. Mainan bimbingan anak 1 tahun yang bagus idealnya pula bisa sedikit demi sedikit melatih keahlian berpikir sang Kecil.

Nah, berikut merupakan 15 saran mainan bimbingan anak 1 tahun yang bagus Bunda bagikan buat sang Kecil. Sebagian di antara lain dapat Bunda buat sendiri di rumah, lho!

  1. Ring donat

Mainan ring donat bagus buat memicu motorik halus anak di umur 1 tahun. Sebab, gerakan mencapit yang digunakan sang Kecil dikala mengambil ring donat hendak menolong tingkatkan kekuatan serta ketangkasan bunda jari serta jari telunjuknya.

Semacam yang telah dipaparkan di atas, kanak- kanak di rentang umur ini telah mulai menampilkan keahlian mencapit yang lebih baik. Karena, keahlian mencapit merupakan salah satu tonggak berarti dari pertumbuhan motorik sang Kecil.

Kanak- kanak di umur ini hendak lebih banyak memakai“ capitan” jari mereka buat mengambil serta menggenggam barang, pula memasukkan santapan ke mulut. Tidak hanya buat mengambil mainan serta santapan, genggaman ini yang hendak jadi fondasi buat anak dapat memegang pensil kala nantinya mereka masuk sekolah.

Nah, metode memainkan ring donat mudah sekali, Bu! Pertama- tama, Bunda lepaskan dahulu donat- donat yang tersusun di tiangnya serta taruh di lantai secara acak. Setelah itu, memohon sang Kecil mengambil ring donatnya satu per satu buat dimasukkan kembali ke tiang tersebut.

Sepanjang bermain ring donat, anak hendak terus melatih keahlian berpikirnya buat menguasai perbandingan dimensi dengan mencari donat mana yang dapat memuat lebih dahulu masuk ke tiang. Sebab kala salah satu ring donat yang sang Kecil seleksi tidak memuat, dia hendak berupaya dengan yang lain.

Secara tidak langsung, mainan bimbingan buat anak 1 tahun ini pula bantu sang Kecil belajar memahami warna, lho!

Baca Pula: 9 Saran Mainan Montessori buat Anak 1 Tahun

  1. Mainan balok

Masih sama semacam di atas, mainan balok pula sesuai buat anak 1 tahun yang lagi suka- sukanya menyusun serta mengulik suatu sebab bermain balok memerlukan keahlian motorik halus serta agresif.

Menyusun balok pula membuat anak lebih leluasa berimajinasi serta mengekspresikan diri sendiri. Karena, kanak- kanak pula bisa mewujudkan ide- ide mereka dengan menghasilkan, mengganti, serta membangun kembali suatu yang unik.

Tidak hanya itu yang tidak kalah berarti merupakan bermain balok dapat mengarahkan sang Kecil sebagian konsep matematika bawah, semacam dimensi besar kecil serta panjang pendek.

Menarik bukan, betapa banyak ilmu yang dapat didapat sang kecil cuma dari bermain balok warna- warni? Dari mainan bimbingan ini, pelan- pelan tetapi tentu anak hendak pula belajar buat terus menjadi yakin diri, mandiri buat menuntaskan permasalahan, serta berani berupaya hal- hal baru, lho, Bu!

Nah biar waktu bermainnya lebih nyaman, sajikan balok yang berdimensi besar ya supaya dia tidak tersedak mainannya sendiri ya, Bu! Sebab di umur ini, sang Kecil masih suka memasukkan seluruh suatu ke dalam mulutnya selaku metode dia mengeksplorasi hal- hal di sekitarnya.

Baca Pula: Mengapa Baiknya Orang Tua Turut Bermain Bersama Sang Kecil?

  1. Puzzle keping besar

Puzzle merupakan mainan bimbingan yang pas buat membangun keahlian kognitif serta motorik halus anak 1 tahun, Bu!

Karena, dia hendak berlatih memungut ataupun mencapit kepingan puzzle dengan tangannya serta meletakkannya kembali di tempat yang benar. Tidak hanya itu, sang Kecil dapat belajar perkata baru semacam“ putar”,“ balik”,“ atas”,“ dasar”, serta“ di samping” kala Bunda menolong mereka mencari potongan yang pas buat menyusun puzzle.

Kanak- kanak pula hendak lebih kerap mendengar serta belajar tentang bilangan urut serta perkata yang menampilkan posisi dalam urutan, semacam awal, kedua, ketiga, serta terakhir kala Bunda menolong mereka menyatukan potongan- potongan puzzle tersebut.

Nah dari bermain puzzle juga nantinya kanak- kanak pula dapat belajar gimana triknya melaksanakan aktivitas tiap hari.

Sebab, terdapat banyak aktivitas yang anak jalani tiap hari mirip dengan menyusun puzzle. Misalnya, membereskan mainan ke dalam kotak ataupun menyusun tas sekolah. Supaya memuat serta apik, pasti butuh kejelian kita menyusun beberapa barang ini semacam lagi memasangkan potongan puzzle.

Menariknya lagi, bermain puzzle dapat membangkitkan rasa gembira kala sang Kecil kesimpulannya berhasil buatnya jadi foto utuh. Rasa bahagia serta kesuksesan menuntaskan misi ini hendak pula menolong anak meningkatkan perilaku gigih serta pantang menyerah kala dihadapkan dengan kesusahan.

  1. Board book

Board book merupakan novel dengan material tebal yang tidak gampang dirobek. Tidak hanya menaikkan pengetahuan sang Kecil, board book yang tersebar di pasaran saat ini lebih mengasyikkan buat dibaca sebab tampilan atraktifnya.

Terdapat bermacam tipe serta alterasi board book yang menarik buat dapat jadi mainan bimbingan anak 1 tahun. Misalnya lift the flap, ialah board book berisi data tersembunyi di balik foto yang dapat dibuka. Terdapat pula touch and feel, ialah board book yang berisi stimulasi sensori buat sang Kecil.

Membagikan sang Kecil board book pula bisa jadi dini yang baik buat menanamkan atensi sang Kecil membaca serta menguasai literasi semenjak dini.

Baca Pula: 5 Metode Bermain Sembari Belajar yang Seru buat Bayi di Rumah

  1. Crawl tunnel

Mainan bimbingan anak 1 tahun ini berupa terowongan. Metode memainkannya, sang Kecil wajib masuk serta menyusuri terowongan tersebut dengan merangkak.

Untuk anak umur 1 tahun, konsep bermain terowongan hendak sangat mengasyikkan sebab terdapat banyak pengalaman sensorik yang dia rasakan. Mulai dari terletak di area yang cerah setelah itu berganti jadi hitam kala masuk terowongan, setelah itu keluar kembali ke tempat yang cerah.

Motorik kasarnya pula terus menjadi terlatih sebab bermain crawl tunnel mengharuskannya bergerak menunduk, merangkak, sampai bangun lagi.

  1. Busy jars

Busy jars merupakan mainan bimbingan 1 tahun yang terbuat dari wadah berbentuk gelas tertutup( jar). Game ini berperan melatih motorik halus, sensori, fokus, konsentrasi dini untuk anak spesialnya buat sang Kecil umur 12- 24 bulan.

Terdapat sebagian kegiatan busy jars yang dapat dimainkan sang Kecil, mulai dari memasukkan kancing ke dalam jar yang dilubagi semacam celengan, menarik tali warna warni dari dalam jar, ataupun memasukkan stik ke dalam tutup jar yang dilubangi bolong- bolong.

  1. Memancing ikan magnet

Mainan bimbingan memancing 1 tahun ke atas ini tidak kalah serunya. Berisi 1 set ikan- ikanan bermagnet serta pancingan berkail magnet, mainan ini dapat melatih koordinasi mata serta tangan sang Kecil.

Ketangkasannya juga terlatih, sebab mainan tersebut mewajibkan sang Kecil memancing dengan melekatkan kail ke arah ikan hingga bisa.

  1. Learning table

Dengan learning table, anak 1 tahun bisa mengeksplorasi bermacam berbagai kegiatan cuma dalam satu tipe mainan.

Learning table itu sendiri merupakan mainan berupa meja yang ada beragam tombol, setir, tuas, sampai novel buat memicu keahlian motorik agresif serta motorik halus sang Kecil secara bertepatan.

Karena, sang Kecil hendak memakai tangannya buat mengoperasikan tiap ornamen pada learning table, dan belajar memahami suara dari tiap bunyi yang keluar dari mainan tersebut.

Baca Pula: 10 Game Anak yang Mendidik, Seru, serta Gampang Dibuat

  1. Flash card

Flash card merupakan mainan bimbingan biar kanak- kanak di usia 1 tahun dapat mulai belajar angka serta haruf. Bermain flashcard pula dapat jadi peluang yang bagus buat Bunda mengarahkan sang Kecil nama- nama barang yang terdapat di sekitarnya.

Bermain dengan flash card bisa menolong stimulasi otak anak serta memicu energi ingat sang Kecil. Jadi, Bunda dapat latih keahlian berpikirnya dengan menampilkan foto pada flashcard, sebutkan definisinya, kemudian tanya kembali pada sang Kecil apa yang dia amati dari kartu tersebut.

Dengan begini, dia tidak cuma hendak mempunyai ingatan yang kokoh tetapi perbendaharaan kosa kata anak pula terus menjadi banyak.

Perlu inspirasi tema flashcard yang lain buat sang Kecil? Bebeclub memiliki koleksi flashcard eksklusif yang dapat Bunda unduh free di Materi Belajar di Rumah.

  1. Pop it

Mainan bimbingan anak 1 tahun yang satu ini belum lama lumayan viral, lho! Bunda bisa jadi pula telah sempat melihatnya sesekali di sosial media.

Pop it merupakan mainan berbahan silikon dengan tekstur mencuat yang dapat ditekan ataupun dipencet ke dalam, sehingga namanya“ pop it”.

Sekilas bisa jadi mainan pop- it nampak biasa saja, tetapi nyatanya terdapat sisi bimbingan yang dapat didapat anak Bunda di umur 1 tahun ini. Kira- kira, apa saja ya, Bu?

Dengan bermain pop it, anak dapat melatih fokusnya lebih lama sebab dengan memencet bagian- bagian yang mencuat tadi hingga habis. Sehabis seluruhnya habis, Bunda dapat bagikan pujian untuknya, misalkan dengan mengatakan“ Wah, Adik hebat ya! Seluruh bola- bolanya telah kempis!” biar sang Kecil merasa bahagia sebab berhasil menuntaskan“ misi” nya.

Menariknya lagi, mainan ini dapat jadi salah satu metode yang jitu buat alihkan atensi anak yang lagi rewel buat membuat mood sang Kecil kembali riang.

Gerakan memencet dari telunjuk jemarinya yang dicoba berulang- ulang juga hendak bantu mempertajam skill motorik halus anak.

Nah biar koleksi mainan anak 1 tahun Bunda pula terus menjadi variatif, Bunda sesungguhnya dapat pula lho menggunakan benda yang tidak terpakai di rumah buat disulap jadi mainan kanak- kanak.

Apa saja, ya, mainan yang dapat Bunda buat sendiri? Ayo, intip inspirasinya di dasar ini!

  1. Mini Shopping Cart

Mini shopping cart merupakan salah satu mainan anak 1 tahun yang bisa bantu pertumbuhan motorik agresif, motorik halus, keahlian imajinasi, dan keahlian berbahasanya.

Kala memainkan mini shopping cart, sang Kecil secara tidak langsung lagi menguatkan otot- otot agresif kakinya sehingga dia hendak terus menjadi lincah berjalan.

Sedangkan itu, tangan mungilnya hendak berupaya menggenggam gagang shopping cart dengan kokoh sembari sesekali memasukkan“ belanjaan” ke dalamnya. Perihal ini sangat berguna buat meningkatkan kekuatan otot halusnya. Kala otot halus sang Kecil kokoh, tangannya lebih siap buat diajak belajar menulis.

Tidak hanya itu, dikala dia pura- pura berbelanja, Bunda bisa bantu sang Kecil tingkatkan kamus kosakatanya dengan mengajaknya bermain kedudukan sembari membagikan pertanyaan- pertanyaan interaktif semacam,“ Wah, Bunda lagi berbelanja, ya? Apa saja yang dibeli?”

Setelah itu perkenankan sang Kecil menanggapi nama barang yang lagi dipegangnya. Bila dia nampak kebimbangan, Bunda dapat memberitahu sang Kecil serta memotivasinya buat mengucapkan kembali nama barang tersebut,“ Bunda telah kembali belanja, ya? Coba amati apa saja yang dibeli!”

  1. Pop it dari Bubble Wrap

Mau beyond creative, Bu? Bunda dapat membuat sendiri pop it dari bubble wrap baru ataupun sisa, lho!

Mainan buatan sendiri ini tidak cuma dapat membentuk ide kreatif sang Kecil, tetapi pula sekalian mengajarkannya recycle benda sisa jadi mainan yang edukatif.

Metode membuat pop it bubble wrap gampang, kok. Bunda cuma butuh 1 ataupun 2 lembar bubble wrap, mencuci bersih serta lap, kemudian warnai dengan cat air ataupun spidol permanen. Buat memainkannya, sang Kecil lumayan meletuskan bubble- bubble tersebut dengan jari jemarinya hingga habis.

Nah biar keahlian kognitifnya pula turut kian terasah, Bunda dapat memohon sang Kecil meletuskan warna bubble tertentu. Misalnya,“ Kak, coba tunjukin Bunda mana bubble yang warna biru?”

Sehabis dia menampilkan mana bubble yang bercorak biru, Bunda dapat bagikan instruksi simpel, misalkan“ Coba pencet 5 bubble biru, ya!”

  1. DIY tas sensory play

Game sensory play merupakan salah satu tipe mainan bimbingan yang bagus buat keahlian sensorik anak 1 tahun, Bu.

Bermain sensory play mengenalkan sang Kecil tekstur, rasa, serta aroma. Dengan bermain sensory play, sang Kecil pula bisa menyalurkan rasa bosan ataupun resah sampai buatnya lebih tenang.

Metode membuat tas sensory play buatan sendiri ini sangatlah gampang. Bunda cuma butuh kantong ziplock, gel rambut, macam- macam mainan plastik, serta karet.

Masukkan seluruh mainan serta gel rambut ke dalam kantong ziplock, kemudian tutup rapat. Memohon sang Kecil buat meraba, menekan, meremas, serta menekan- nekan tas plastik itu buat melatih inderanya.

  1. DIY memancing karet

Mainan bimbingan 1 tahun buatan sendiri ini seru buat dimainkan bersama- sama, lho!

Buat buatnya, Bunda cuma membutuhkan 4 bahan yang gampang didapat ialah sebagian karet gelang, 2 wadah plastik, serta sumpit.

Bila seluruh bahan telah siap, isi 1 wadah dengan air seperlunya, kemudian masukkan sebagian karet gelang sampai terendam secara merata.

Sedangkan buat memainkannya, memohon sang Kecil memancing karet gelang dengan mengambilnya memakai 1 buah sumpit yang berhubungan ke dalam bundaran karet, setelah itu angkat serta pindahkan ke wadah kosong lain.

  1. DIY bowling

Memperkenalkan sang Kecil dengan berolahraga bowling, saat ini dapat Bunda jalani di rumah. Ya, Bunda dapat membuat mainan set bowling ini sendiri, cuma dengan mempersiapkan botol minum plastik berdimensi 1, 5 liter, cat warna- warni, serta bola karet.

Warnai seluruh botol dengan warna berbeda. Cat bagian dalam botol supaya nyaman buat Sang Kecil. Tidak hanya dapat bermain bowling, sang Kecil pula bisa memahami warna sekalian olahraga lewat mainan bimbingan 1 tahun buatan sendiri ini.

Baca juga :

agen togel online

Cdma arena

sepatu olahraga

pusat elektronik

mainan anak anak

pergaulan bebas

kecantikan

jam tangan

film action

prediksi oxtrade

prediksi togel

taman binatang

nana4d

nana4d

bet4d

situs toto

togel hadiah terbesar

NANA4D

SITUS TOTO

nana4d

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *